anitadwiyuliati

Hidup Indah Bila Dengan Cinta

Pemilwa dan Karakter Politik

Heeemmm. . . . . . . . . .Ngomongin masalah pemilu, politik, yang bikin pusing dan gak ngerti karna terlalu banyak rahasia di dalamnya. Namun ternyata politik sangat diperlukan didalam jiwa seorang mahasiswa yang nantinya akan menjadi generasi baru yang akan membangun Negara Indonesia lebih maju lagi. Ngomong-ngomong tentang pemilu, diforum ini saya akan sedikit mengulas tentang pentingnya pemilwa yang ada di UNY dengan Karakter Politik Mahasiswa. 

Hajatan demokrasi kampus UNY telah digelar tahun lalu, tepatnya tanggal (16/12). Proses pembangunan demokrasi kampus telah berjalan. Pemilwa sebagaiajang pendidikan politik nampaknya menjadi langkah cerdas UNY sebagai lembaga pendidikan dalam mengambil peran sebagai agen sosialisasi politik dalam taraf system politik Indonesia. Partisipasi mahasiswa dalam proses demokrasi kampus menjadi pengalaman yang berharga. Melalui Pemilwa ini, diharapkan dapat diciptakan pemerintahan yang representative. Dimana pemilwa ini sebagai mekanisme penyeleksian dan pendelegasian orang atau partai yang dipercaya oleh rakyat kampus. Tentu saja proses pemilwa ini tidak lepas dari sarana pendidikan politik bagi mahasiswa UNY.
Pendidikan politik diarahkan untuk membentuk kepribadian demokrasi. Tidak ada kesadaran politik tanpa kepribadian politik, bahwa jenis dan tingkat partisipasi politik dipengaruhi oleh budaya politik yang dimiliki mahasiswa yang kemudian membentuk kepribadian politik. Begitu pula dengan pemilwa yang digelar di kampus pendidikan ini. Melalui pemilwa, karakter politik mahasiswa mulai terbentuk.
Pemilwa ikampus menjadi ruang pembentukan karakter politik seseorang. Mahasiswa melalui partisipasi politik dalam pemilwa telah melalui fase penting dalam pembentukan karakter politik dirinya. Karakter politik ini dapat dilihat dari bagaimana peran sertanya dalam menyesuaikan Pemilwa UNY. Dalam proses pembentukan karakter politik ini, tidak lepas dari proses belajar politik yang bersifat dialogis, terbuka, rasional ataupun penyadaran mahasiswa. Pada intinya pendidikan politik melalui pemilwa yang berlangsung dikampus ikut adil dalam pembentukan karakter politik mahasiswa. Adanya pemilwa, terlah membangun karakter politik mahasiswa dan menjadi tunas karakter politiknya ketika terjun dalam ranah politik yang sebenarnya di kehidupan pasca kampus. Sehingga fase-fase selama pemilwa menjadi pelajaran politik yang berharga. Meng up grade kapasitas politik sebagai bekal menjadi agen perubahan bangsa.

Sumber : bulletin, swara Tugu, Edisi 03/Desember/2010

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s