anitadwiyuliati

Hidup Indah Bila Dengan Cinta

keistimewaan Yogyakarta

Inilah sedikit informasi tentang keistimewaan Yogyakarta. Seperti kita ketahui bahwa saat ini Keistimewaan Yogyakarta menjadi pemberitaan hangat diberbagai media masa akhir-akhir inim terkait pembicaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tentang sistem pemerintahan DIY.

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini menjadi satu-satunya provinsi yang masih mempertahankan kata Istimewa dalam UU-nya, yaitu UU Nomor 3 Tahun  1950. Draf rancangan UU yang diusulkan rakyat Yogyakarta, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan pemerintahan tetap mempertahankan kata “Istimewa” itu.  Tampaknya memang ada kesamaan semangat dari penyelenggaraan negara, baik dipusat maupun daerah untuk  mempertahankan kata “Istimewa” dalam RUU keistimewaan DIY. Selama ini hampir tak ada yang keberatan dari provinsi lain terhadap peran besar Sri Sultan Hamengku Buono (HB) sebagai pemimpin Keraton Yogyakarta dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPPA) Paku Alam dalam pemerintahaan DIY.bahkan sejarah membuktikan, tak ada keberatan saat Sultan HB IX “merangkap” jabatan sebagai mentri atau wakil presiden, bersama dengan jabatan Gubernur DIY. Meskipun defacto jabatan Gubernur DIY itu dilaksanakan Sri Paku Alam (PA) VIII yang saat ini juga “merangkap” sebagai Wakil Gubernur DIY. Karna hampir semua rakyat Indonesia memaklumi hal itu sebagian dari keistimewaan DIY.

Daerah Istimewa Yogyakarta

  1. Dasar Hukum :
  • UU No. 3/1950 tentang pembentukan daerah Istimewa Yogyakarta
  • UU No. 5/1974
  • UU No. 22/1999

2.  Starta daearh yang khas : DIY meliputi kesultanan Yogyakarta dan daerah Paju Alaman DIY. (UU No.3/1950)

3.  Identitas kelembagaan : Kepala daerah dan wakilnya tidak terkait pada ketentuan masa jabatan, syarat dab cara pengangkatan bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah lainnya (UU No.5/1974)

4. kepala Daerah : Gubernur di tetapkan (daerah setingkat provinsi) dan Bupati/wali kota dipilih melalui pilkada.    “Litbang Kompas : Rabu, 8 Des 2010”

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s