anitadwiyuliati

Hidup Indah Bila Dengan Cinta

AC salah satu penyebab Global Warming

Global warming yang diartikan pemanasan global oleh kita (walaupun seharusnya diartikan penghangatan global). Kondisi bumi yang semakin panas karena panas sinar matahari terperangkap di bumi sebagai akibat dari meningkatnya kadar CO2 di udara (efek rumah kaca). Begitulah kira-kira saya menangkap pengertian Global Warming.

Meningkatnya kadar CO2 itu sendiri diakibatkan meningkatkan konsumsi fossil fuel. Fossil fuel adalah bahan bakar yang berasal dari fosil tumbuhan atau hewan. Yang termasuk fossil fuel antara lain minyak bumi dan batu bara. Selain itu berkurangnya jumlah hutan di bumi juga turut berperan dalam peningkatan kadar CO2 karena hutan berperan dalam mengubah CO2 menjadi O2.

Banyak dampak buruk akibat pemanasan global ini. Dampak yang terjadi merupakan sebuah efekdomino. Karena kadar CO2 meningkat panas matahari terperangkap di bumi, mengakibatkan suhu udara semakin meningkat. Karena panas, suhu air laut menjadi lebih hangat. Hal ini menyebabkan biota laut mati. Suhu air laut yang meningkat membuat es di kedua kutub mencair. Es abadi yang ada di puncak-puncak gunung juga mencair. Pencairan es ini membuat ketinggian air laut meningkat, alias kita semakin tenggelam.

Panasnya suhu juga membuat tingkat penguapan tinggi. Tidak hanya di laut tetapi juga di darat. Maka terjadilah kekeringan. Kadar uap air yang tinggi di atmosfer meningkatkan potensi terjadinya badai. Saat badai melewati perairan yang hangat tadi ia akan semakin membesar. Singkatnya akan terjadi badai yang lebih besar dan lebih sering terjadi.

 

Di jaman yang semakin modern seperti ini, tidak hanya memikirkan manusia yang semakin hebat, akan tetapi teknologi juga ikut berkembang pesat. Teknologi merupakan salah satu tolak ukur suatu negara maju atau tidak.  Membicarakan tentang teknologi, teknologi pun merupakan salah satu penyebab terjadinya pemanasan global.  Contohnya AC , sering kita temukan sekarang ini hampir di beberapa tempat umum atau bahkan di ruangan kelas suadah menggunakan pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner). Banyak juga rumah-rumah yang menggunakan alat pendingin ruangan ini.

Namun tanpa kita sadari, di dalam ruangan AC sering kali pintunya tidak ditutup.  Padahal apabila pintu ruangan AC dibuka, maka akan menjadi berbahaya, karena hal ini merupakan salah satu penyebab terjadinya global warming. Ruangan AC yang terus menerus dibuka akibatnya akan lebih memperhatinkan bagi kesehatan kita semua. Bagaimana kita sebagai generasi muda disa mencegah global warming, sedangkan hal yang kecil saja kita tidak bisa melaksanakannya.  Seharusnya kita sebagai pengguna berAC harus sadar, karena dengan perbuatan yang dilakukan akan merugikan diri kita dan orang lain.



Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s